LOG BOOK KKN
pada Friday, May 2, 2014
CATATAN:
· LOG BOOK INI DIPRINT
· HALAMAN TERAKHIR (HALAMAN 14) DARI LOG BOOK INI DICOPY SEBANYAK 30x DAN DIISI SETIAP HARI
· SELURUH LOG BOOK DIJILID DENGAN COVER WARNA HIJAU DAN DILENGKAPI DENGAN FASFOTO 4x3
· LOG BOOK AKAN DIPERIKSA OLEH DPL SEWAKTU-WAKTU
·
LOG BOOK
KULIAH KERJA NYATA
UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Pas Foto 4x3 |
Nama Mahasiswa | Fardihus |
NIM | 0903101020160 |
Fakultas/Prodi | Hukum/Ilmu Hukum |
Lokasi KKN | Gampong Aweek |
Nama Dosen Pembimbing Lapangan | - |
BADAN PELAKSANA KULIAH KERJA NYATA
UNIVERSITAS SYIAH KUALA
2012
IDENTITAS PRIBADI | |
Nama mahasiswa | Fardihus |
Tempat/tanggal lahir | Suka Jaya/ 31 |
NIM | 0903101020160 |
Jurusan | Hukum Pidana |
Fakultas | Hukum |
Alamat e-mail | |
Alamat rumah | Jln Syiah Kuala, Kec. Kuta Alam, Gampong Lamdingin |
Nomor HP | 085271133719 |
Nomor telpon rumah | 5647-8769 |
LOKASI KKN | |
Dusun/lorong | |
Mukim/gampong/kelurahan | |
Kecamatan | Jantho |
Kabupaten/kota | Aceh Besar/ Jantho |
NAMA & NOMOR HP TOKOH MASYARAKAT | |
Orang tua angkat (tempat tinggal KKN) | Dahlan |
Kepala lorong/dusun | |
Mukim/gampong/kelurahan | |
Camat | |
NAMA DOSEN PEMBIMBING LAPANGAN (DPL) | |
Nama DPL | |
Fakultas | |
Alamat rumah | |
Nomor HP | |
BADAN PELAKSANA KULIAH KERJA NYATA (BP KKN) UNSYIAH | |
Pembina | |
Rektor | Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M. Eng |
Ketua LPKM | Prof. Dr. Nasir Azis, SE., MBA |
Sekretaris LPKM | Drs. Zulkarnaini M. Yasin |
Badan Pelaksana | |
Ketua | Dr. Mustanir, M. Sc (081263107146) |
Sekretaris | Drs. Ridwan Ibrahim, MM (08126993120) |
Ketua Divisi Program | Dr. T.M. Iqbalsyah, M. Sc (0811686111) |
Anggota Divisi Program | Dr. Mudatsir, M.Kes (081362911111) |
Ketua Divisi Kerjasama | Drs. Zulfadli MY, M. Si (0812904095) |
Anggota Divisi Kerjasama | Dr. Farid Mulana, S.T., M.Eng. (085361833144) |
Ketua Divisi Monitoring dan Evaluasi | Dr. Ir. Fajri Jafar, M. Sc (08126986390) |
Anggota Divisi Monitoring dan Evaluasi | Dr. Ilyas, S.H. M.Hum (081360378765) |
Staf Sekretariat | Dra. Cut Kemalawati |
Indra Kurniawan, A. Md. (08126905358) | |
Aan Kurniawan, SP (085260633390) | |
Reni Kharina (081360042202) | |
Mariani (081360103820) | |
Alamat Sekretariat | Gedung Biro Lama Lt. 2 KPA Unsyiah, Darussalam, Banda Aceh. Telp. 0651-7412377 |
ANGGOTA KELOMPOK (DUSUN/LORONG) | |
Nama | Fakultas/ Program Studi dan No. HP |
1. Fardihus | Hukum |
2. Daud Marcius | Hukum |
3. Rahmad | Perternakan |
4. Aya | Ilmu Komunikasi |
5. Anwar | Pertania |
6. Fisca Sahanaya | Hukum |
7. Fitri | Pertania |
8. Desi | Mipa Biologi |
9. Boy | Kedoktoran Hewan |
10. Raisa | Ilmu Komunikasi |
ORANG TUA YANG DAPAT DIHUBUNGI | |
Nama | |
Hubungan dengan mahasiswa | |
Alamat | |
No. Telp/ HP | |
BAGIAN I
PEDOMAN UMUM KULIAH KERJA NYATA
UNIVERSITAS SYIAH KUALA 2012
1. KOMPETENSI KKN
Setelah mengikuti KKN mahasiswa diharapkan:
- Mampu berfikir dan bekerja secara interdisipliner.
- Mampu memecahkan masalah di masyarakat secara pragmatis ilmiah berdasarkan pengetahuan yang dipelajari.
- Memiliki empati, kecintaan, kepedulian dan tanggung jawab terhadap masyarakat.
- Mengembangkan pengalaman dan keterampilan untuk melaksanakan program pembangunan.
- Menjadi innovator, motivator dan problem solver bagi masyarakat.
2. TATA TERTIB KKN
Selama pelaksanaan KKN, mahasiswa wajib:
A. Menjaga nama baik almamater Unsyiah.
B. Menjaga norma agama dan adat istiadat setempat.
C. Mengikuti seluruh tahapan penerjunan dan penarikan KKN sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.
D. Menetap di lokasi kerja KKN. Mahasiswa peserta KKN dapat meninggalkan Lokasi kerja KKN, dengan ketentuan sebagai berikut:
a. Harus menggunakan Surat Ijin Meninggalkan Lokasi yang ditandatangani oleh Ketua Kelompok dan Kepala Lorong dan diketahui oleh DPL. Jika DPL tidak berada ditempat, mahasiswa wajib menghubungi DPL melalui telepon.
b. Setiap Surat Izin Meninggalkan berlaku maksimum 3x24 jam secara berurutan.
E. Melaksanakan tugas-tugas KKN dengan penuh rasa tanggung jawab dan dedikasi yang tinggi, baik tugas administrasi (pengisian log book, pembuatan renja, pengisian daftar hadir harian, penyelesaian penulisan laporan) maupun tugas lapangan sesuai dengan perencanaan.
F. Menghayati dan menyesuaikan diri dengan kehidupan di lokasi kerja KKN.
G. Menggunakan atribut KKN selama masa pelaksanaan KKN.
H. Membina kerjasama dengan mahasiswa, amsyarakat, instansi/dinas Pemerintah dan pihak-pihak yang terkait.
I. Menjaga seluruh barang/harta pribadi yang dibawa ke lokasi KKN. Segala kerusakan dan kehilangan barang/harta pibadi di lokasi menjadi tanggung jawab masing-masing mahasiswa.
J. Mengisi log book dan meyerahkan laporan akhir paling lambat 1 (satu) minggu setelah kegiatan KKN berakhir.
Selama pelaksanaan KKN, mahasiswa dilarang:
A. Melakukan perbuatan yang mencemarkan nama baik almamater.
B. Melakukan kegiatan politik praktis, unjuk rasa, ikut dalam kegiatan pilkada dan atau pemilu.
C. Melakukan perbuatan dan kegiatan yang melanggar hukum secara langsung maupun tidak langsung, seperti melakukan tindak asusila.
D. Membawa/menggunakan kenderaan roda empat (mobil) dan atau barang mewah lainnya, kecuali pada waktu pengantaran dan penjemputan.
E. Membawa keluarga atau teman ikut menginap di pondokan tanpa ijin dari Keuchik dan DPL.
F. Menggunakan wewenang/ pangkat/ jabatan diluar status peserta KKN.
- Membawa/mengenakan perhiasan/barang berharga secara berlebihan.
3. JENIS KEGIATAN KKN
Untuk mencapai kompetensi seperti yang disebutkan pada bagian 1 di atas, maka setiap mahasiswa yang mengikuti KKN harus melaksanakan kegiatan seperti yang dijelaskan di bawah ini.
A. Kegiatan Utama (Kode kegiatan A)
Kegiatan utama adalah kegiatan yang harus dilaksanakan oleh setiap mahasiswa KKNyang sesuai dengan bidang ilmunya. Mahasiswa yang bersangkutan bertindak sebagai pemimpin pelaksanaan kegiatan tersebut dan bertanggung jawab penuh baik secara ilmiah maupun operasional.
Jumlah kegiatan utama: minimum 1 kegiatan.
Contoh kegiatan utama adalah:
· Pelatihan peningkatan gizi balita oleh mahasiswa Kedokteran.
· Pembuatan Taman Obat Rumah Tangga (TOGA) oleh mahasiswa Farmasi.
· Pembuatan peraturan/qanun mukim oleh mahasiswa Hukum.
· Kursus Bahasa Inggris untuk anak SMA oleh mahasiswa Bahasa Inggris.
· Pelatihan Komputer oleh mahasiswa Informatika.
B. Kegiatan Penunjang (Kode kegiatan B)
Kegiatan penunjang adalah kegiatan yang dapat dilaksanakan oleh mahasiswa KKN diluar bidang ilmunya, jika memiliki ilmu dan keterampilan untuk itu. Mahasiswa yang bersangkutan bertindak sebagai pemimpin pelaksanaan kegiatan tersebut dan bertanggung jawab baik secara ilmiah maupun operasional.
Jumlah kegiatan penunjang: maksimum 2 kegiatan.
Contoh kegiatan penunjang adalah sebagai berikut:
· Pelatihan jurnalistik yang diberikan oleh mahasiswa Teknik.
· Pelatihan sablon yang diberikan oleh mahasiswa Peternakan.
· Pelatihan komputer yang diberikan oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi.
C. Kegiatan Tambahan (Kode kegiatan C)
Kegiatan tambahan adalah kegiatan yang berasal dari mitra KKN seperti pemerintah daerah, perusahaan swasta/BUMN (dalam bentuk Corporate Social Responsibility), NGO dan kegiatan terstruktur dari DPL atau dosen lain yang berkaitan dengan penelitian dan atau pengabdian kepada masyarakat.
Jumlah kegiatan tambahan: maksimum 2 kegiatan.
Contoh kegiatan tambahan adalah:
· Kegiatan dusun/lorong SEHATI (Siaga, Sehat dan Mandiri) kerjasama dengan Dinas Kesehatan
· Kegiatan Gerakan Pensejahteraan Petani (GPP) kerjasama dengan Dinas Pertanian dll.
Kegiatan tambahan dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu:
a) Kegiatan kerjasama yang bersifat interdisipliner (melibatkan berbagai bidang ilmu), misalnya:
Kegiatan dusun/lorong SEHATI melibatkan bidang ilmu kedokteran, farmasi, teknik, pertanian, sosiologi dan lain-lain.
b) Kegiatan kerjasama yang bersifat monodisipliner, misalnya:
Kegiatan pengobatan masal yang dilakukan oleh mahasiswa kedokteran bekerjasama dengan Puskesmas setempat.
D. Kegiatan Pendukung (Kode kegiatan D)
Kegiatan Pendukung adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN untuk mendukung/membantu peserta KKN lain dalam kelompoknya, secara operasional, meskipun secara ilmiah tidak terkait dengan keilmuan yang dimiliki oleh mahasiswa.
Jumlah kegiatan pendukung: minimum 3 kegiatan, maksimum 4 kegiatan.
Kegiatan pendukung dibedakan menjadi dua kelompok:
a) Kegiatan yang dibantu bersifat interdisipliner (membutuhkan berbagai bidang ilmu), misalnya Kegiatan pembuatan TOGA yang diketuai oleh mahasiswa Farmasi, dapat dibantu oleh mahasiswa Biologi (terkait dengan inventarisir jenis tanaman), mahasiswa Pertanian (terkait dengan budidaya tanaman obat) dan mahasiswa Kedokteran (terkait dengan penggunaan TOGA dalam aspek kesehatan/penyembuhan penyakit).
b) Kegiatan yang dibantu bersifat monodisipliner, misalnya kegiatan pembuatan TOGA dapat dibantu oleh mahasiswa sastra atau FISIP dalam hal membantu penanaman dan lain sebagainya.
E. Kegiatan Khusus (Kode Kegiatan E)
Kegiatan khusus adalah kegiatan yang harus dilaksanakan oleh setiap mahasiswa KKN yang dilaksanakan oleh mahasiswa sebagai bagian dari kegiatan sosial bermasyarakat.
Jumlah kegiatan khusus: minimum 1 kegiatan, maksimum 4 kegiatan.
Contoh kegiatan khusus adalah:
· Menjadi koordinator kecamatan/gampong.
· Memberikan ceramah/kultum pada shalat tarawih.
· Membantu pelaksanaan kegiatan keolahragaan di karang taruna, dan lain-lain.
4. PENILAIAN KKN
Penilaian pelaksanaan KKN terdiri dari lima komponen yaitu:
A. Kuliah Pembekalan (Kode KP)
Setiap mahasiswa diharuskan untuk mengikuti kuliah pembekalan sebelum melaksanakan KKN. Penilaian terhadap kuliah pembekalan dinyatakan dengan rekomendasi lulus atau tidak lulus. Mahasiswa yang lulus kuliah pembekalan diperkenankan melanjutkan kegiatan KKN, sementara mahasiswa yang tidak lulus tidak diperkenankan untuk melaksanakan kegiatan.
B. Rencana Kerja (Renja, Kode RK)
Rencana kerja (Renja) disusun oleh setiap mahasiswa sebelum pelaksanaan KKN. Karena itu, sangat disarankan bahwa mahasiswa, bersama-sama dengan DPL, melakukan survei awal ke gampong sasaran KKN dan mendiskusikan Renja bersama-sama dengan Keuchik atau aparat gampong lainnya. Materi Renja diperkaya ketika kuliah pembekalan, sehingga Renja dapat dikatakan sebagai out put dari kuliah pembekalan. Adapun kriteria yang dinilai pada Renja adalah:
a) Kemampuan membuat Renja berdasarkan kebutuhan dan analisis permasalahan.
b) Keragaman kegiatan pada Renja.
c) Kemampuan merealisasikan kegiatan pada Renja.
Renja dibuat dengan mengacu pada format pada lampiran 1. Bobot nilai Renja terhadap nilai KKN keseluruhan adalah 10%.
C. Kerjasama dan Disiplin (Kode KD)
Adapun kriteria yang dinilai pada komponen ini adalah:
a) Kemampuan dalam melakukan pendekatan terhadap masyarakat.
b) Kemampuan bekerjasama antar mahasiswa, mahasiswa dengan anggota masyarakat, dan mahasiswa dengan pemuka masyarakat/pejabat pemerintahan.
c) Kedisiplinan dan ketaatan terhadap aturan pelaksanaan KKN serta aturan dalam kehidupan bermasyarakat di lokasi KKN.
Penilaian terhadap komponen kerjasama dan disiplin dilakukan oleh Keuchik dan DPL dengan komposisi yang sama. Bobot nilai kerjasama dan disiplin terhadap nilai KKN keseluruhan adalah 20%.
D. Pelaksanaan Program Kerja (Progja, Kode PK)
Keberhasilan pelaksanaan Program Kerja (Progja) sangat menentukan nilai KKN yang akan diperoleh mahasiswa karena berkontribusi sebesar 60% dari total penilaian. Keberhasilan pelaksanaan Progja ini dilihat dari kemampuan mahasiswa mengumpulkan poin kegiatan dengan aturan sebagai berikut:
a) Melaksanakan kegiatan utama (A), memperoleh maksimum 50 poin per kegiatan.
b) Melaksanakan kegiatan penunjang (B), memperoleh maksimum 30 poin per kegiatan.
c) Melaksanakan kegiatan tambahan (C), memperoleh maksimum 20 poin per kegiatan.
d) Melaksanakan kegiatan pendukung (D), memperoleh maksimum 10 poin per kegiatan.
e) Melaksanakan kegiatan khusus (E):
· Menjadi koordinator kecamatan dan gampong, masing-masing memperoleh 20 dan 10 poin.
· Berperan aktif dalam kegiatan keagamaan seperti menjadi khatib shalat jumat, membina TPA, ceramah pengajian dan kegiatan sejenis, memperoleh 4 poin per kegiatan.
· Membina kegiatan keolahragaan/seni, termasuk memfasilitasi pertandingan olahraga/seni, memperoleh 4 poin per kegiatan.
Keterangan:
a) Poin minimum yang harus dikumpulkan oleh mahasiswa KKN untuk komponen Progja adalah 51. Nilai akhir pelaksanaan Progja diperoleh dengan rumus Nilai Progja = Jumlah poin x 60%.
b) Nilai Progja seorang mahasiswa harus mengandung nilai dari komponen A, D dan E.
c) Khusus untuk kegiatan A, B, C dan D, penilaian dilakukan dengan menggunakan aturan sebagai berikut:
c.1. Poin kegiatan A dan B, ditentukan berdasarkan jumlah pertemuan dan sasaran peserta
Kegiatan sama dengan peserta sama | Kegiatan sama dengan peserta berbeda | ||||
Jumlah pertemuan | Poin | Jumlah pertemuan | Poin | ||
Kegiatan A | Kegiatan B | Kegiatan A | Kegiatan B | ||
1 | 40 | 20 | 1 | 40 | 20 |
2 | 42 | 22 | 2 | 44 | 24 |
3 | 44 | 24 | 3 | 48 | 28 |
4 | 46 | 26 | > 3 | 50 | 30 |
5 | 48 | 28 | | | |
>5 | 50 | 30 | | | |
Penjelasan:
· Contoh kegiatan sama dengan sasaran peserta yang sama: kegiatan pelatihan dokter kecil di SD X, Lorong Y, gampong Z yang dilakukan dalam beberapa kali pertemuan (misalnya 3 kali seminggu x 1 bulan = 12 kali pertemuan), sehingga kegiatan ini dapat poin 25.
· Contoh kegiatan sama dengan sasaran peserta yang berbeda: kegiatan pelatihan penanaman coklat bagi kelompok tani A dan kelompok tani B di Lorong Y, gampongZ, masing-masing kelompok tani 1 kali pertemuan dengan topik/tema yang sama tapi jam/hari pelaksanaan berbeda, maka jumlah pertemuannya sebanyak 2 kali dengan poin 22.
c.2. Kegiatan C dan D, diberikan aturan pembobotan perolehan poin berdasarkan sifat kegiatan (interdisipliner atau monodisipliner)
Sifat Kegiatan | Kegiatan C | Kegiatan D |
Interdisipliner | ||
1. Sesuai bidang ilmu | 20 | 10 |
2. Tidak sesuai bidang ilmu | 16 | 8 |
Monodisipliner | ||
1. Sesuai bidang ilmu | 16 | 8 |
2. Tidak sesuai bidang ilmu | 12 | 6 |
E. Laporan Akhir (Kode LA)
Tingkat keberhasilan pelaksanaan kegiatan mahasiswa di lokasi KKN diukur dari laporan akhir mahasiswa. Laporan akhir dibuat per kelompok, yang dikumpulkan bersamaan dengan log book lengkap untuk setiap mahasiswa. Laporan akhir berkontribusi terhadap 10% dari nilai total.
5. PENUGASAN KKN
A. Setiap mahasiswa diharuskan membuat rencana kerja (Renja) sebagai out put dari kuliah pembekalan dengan menggunakan format Lampiran 1. Renja setiap mahasiswa diserahkan dalam bentuk hard copy. Renja gabungan seluruh anggota kelompok juga harus diserahkan dalam bentuk hard copy dan dilengkapi bentuk soft copy dalam CD dengan penamaan file: kabupaten_kecamatan_gampong_tahun.doc. Rencana perorangan dan gabungan dalam bentuk hardcopy dan softcopy diserahkan ke Bapel KKN paling lambat 17 Juni 2012
B. Renja mahasiswa selanjutnya dibuat menjadi program kerja (progja) berdasarkan hasil survey lapangan di lokasi tempat mahasiswa KKN. Progja ini dibuat menggunakan format Lampiran 2.
C. Progja semua mahasiswa dalam satu gampong disusun kembali dalam satu matriks kegiatan menggunakan format Lampiran 3
D. Setiap mahasiswa wajib mengisi log book (menggunakan format Lampiran 4) dan ditandatangani oleh DPL tiap kali kunjungan oleh DPL.
LAMPIRAN 1. CONTOH MATRIKS RENCANA KERJA (RENJA)
Masalah | Penyebab | Kondisi saat ini | Potensi yang ada | Alternatif Pemecahan | Rencana Tindakan | |
Internal | Eksternal | |||||
Qanun tentang wisata tidak dijalankan | 1. Masyarakat tidak mengetahui adanya aturan 2. Keinginan untuk melaksanakan aturan tidak ada 3. Kesadaran wisatawan kurang 4. Saluran kerja untuk melakukan tindakan belum jelas | 1. Wisatawan bebas saja mandi antara laki-laki dan wanita 2. Wisatawan bebas saja berpakaian 3. Wisatawan bebas saja membuang sampah 4. Wisatawan bebas saja buang air kecil/besar 5. Wisatawan bebas saja memarkir kenderaan 6. Masyarakat bebas saja membangun kedai dan pos rundo 7. Tempat beribadah belum memadai 8. Aturan tertulis tidak ada 9. Lembaga penegak aturan tidak jelas/ada | 1. Keuchik berwenang mengatur lokasi 2. Aparat keamanan gampong ada | 1. PHRI ada 2. Agen wisata bekerjasama 3. Polisi tersedia 4. Ada peluang memberi info diluar daerah | 1. Memberitahu masyarakat tentang aturan wisata 2. menguatkan komitmen untuk melaksanakan aturan wisata 3. meningkatkan kesadaran wisatawan 4. membuat prosedur preventif dan kuratif | 1. Membuat aturan wisata tentang tempat mandi, berpakaian, membuang sampah, toilet, parker, berusaha, dan penegakan hukum 2. Mensosialisasikan aturan wisata 3. Melaksanakan aturan wisata dengan konsekuen 4. Melakukan studi banding 5. Melakukan uji coba pelaksanaan aturan 6. Membuat brosur aturan wisata 7. Menjelaskan info wisata di daerah asal wisatawan 8. Membuat diagram air pencegahan dan pemecahan masalah aturan 9. Menjelaskan hak, kewajiban dan sanksi aturan wisata |
Rencana tindak / kegiatan | Lokasi | Volume (alat dan bahan) | Satuan | Perkiraan biaya (Rp) | Sumber biaya (%) | Jadwal Pelaksanaan | Keterangan | ||||||
P | S | M | | | | | | ||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14 |
1. Membuat aturan wisata 2. Mensosialisasikan aturan wisata 3. Melaksanakan aturan wisata dengan konsekuen 4. Melakukan studi banding 5. Melakukan uji coba pelaksanaan aturan 6. Membuat brosur aturan wisata 7. Menjelaskan info wisata di daerah asal wisatawan 8. Membuat diagram alir pencegahan dan pemecahan masalah aturan 9. Menjelaskan hak, kewajiban dan sanksi ttg aturan wisata | | | | | | | | | | | | | |
LAMPIRAN 2. FORMAT PROGRAM KERJA (PROGJA)
No. | Nama Kegiatan | Sasaran / Peserta | Jumlah Peserta | Tempat Kegiatan | Jumlah Pertemuan |
A. Kegiatan Utama | |||||
1 | | | | | |
2 | | | | | |
3 | | | | | |
B. Kegiatan Penunjang | |||||
1 | | | | | |
2 | | | | | |
3 | | | | | |
4 | | | | | |
C. Kegiatan Tambahan | |||||
1 | | | | | |
2 | | | | | |
3 | | | | | |
4 | | | | | |
5 | | | | | |
D. Kegiatan Pendukung | |||||
1 | | | | | |
2 | | | | | |
3 | | | | | |
4 | | | | | |
5 | | | | | |
E. Kegiatan Khusus | |||||
| | | | | |
| | | | | |
LAMPIRAN 3. MATRIKS JADWAL KEGIATAN KELOMPOK SELAMA PELAKSANAAN KKN
NO | PROGRAM | JUNI | JULI | |||||||||||||||||||||||||||||
17 | 18 | 19 | 20 | 21 | 22 | 23 | 24 | 25 | 26 | 27 | 28 | 29 | 30 | 30 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14 | 15 | 16 | ||
1 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
2 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
3 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
4 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
5 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
6 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
7 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
8 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
9 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
10 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
11 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
12 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
13 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
LAMPIRAN 4. CONTOH PENGISIAN LOG BOOK
| LOG BOOK KULIAH KERJA NYATA UNIVERSITAS SYIAH KUALA 2012 | Hari ke : 1 Hari : Senin Tanggal : 11 Juli 2012 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A. Jadwal | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B. Catatan penting harian : | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Hari pertama KKN ini terasa agak canggung, apalagi ketemu dengan masyarakat. Saya jadi sempat gugup pada waktu perkenalan, karena tidak terbiasa seperti ini di rumah. Ini pengalaman pertama saya yang membuat gugup. Saya berdoa semoga hari selanjutnya, semua kegiatan sukses berjalan. Saya juga susah untuk tidur malam ini, karena tidur disini bedesak-desaskan dengan teman dalam satu kamar. Ruangannya agak sempit jika dibandingkan dengan tempat kost di Banda Aceh. Apalagi udara disini dingin sekali. Bunyi kodok bersahut-sahutan, membuat saya jadi ingat kampung halaman. Saya jadi ingat keluarga di banda Aceh. Air mataku tiba-tiba berlinang tergingat Mama, Papa dan adikku di rumah. | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C. Pengesahan | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
| LOG BOOK KULIAH KERJA NYATA UNIVERSITAS SYIAH KUALA 2012 | Hari ke : Hari : Tanggal : | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A. Jadwal | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B. Catatan penting harian : | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C. Pengesahan | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|